Profesi Menarik di Bidang Industri Kreatif

Seiring dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih, industri kreatif akan semakin dibutuhkan mengingat sebagian besar bisnis akan dilakukan secara digital. Bagi Anda yang sudah terjun dalam bidang ini, ada banyak sekali pekerjaan menanti Anda nantinya. Peluang kerja di bagian industri kreatif hampir dibutuhkan oleh semua perusahaan besar maupun kecil untuk meningkatkan kualitas mereka. Berikut ini beberapa profesi di bidang industri kreatif yang akan sangat dibutuhkan oleh perusahaan.

Designer website dan grafis

Perkembangan bisnis yang lebih difokuskan pada bisnis digital menjadikan profesi designer website dan grafis sangat dibutuhkan. Hal tersebut terjadi karena sebagian besar perusahaan yang mengembangkan bisnisnya melalui online akan membutuhkan seorang professional untuk membuat website resmi mereka. Keberadaan website saat ini sangat penting karena dapat meningkatkan rasa percaya konsumen kepada perusahaan.

Video editor

Memiliki kemampuan editing sangat berguna untuk dapat bekerja di perusahaan stasiun tv, e-commerce, agensi media sosial dan perusahaan lainnya. Semua yang serba digital saat ini sangat memerlukan kemampuan editing video yang mumpuni untuk memproduksi tontonan yang menarik sekaligus berkualitas. Belajar editing video juga dapat dilakukan secara otodidak dengan memanfaatkan beberapa software editing seperti Adobe Photoshop,  Adobe Premiere Pro, atau Adobe Illustrator.

Copywriter

Setiap kali kita menyalakan televisi, pasti kita akan menemukan banyak iklan yang tayang. Tahukan Anda siapa yang berada di balik kreativitas iklan yang sering kita lihat? Salah satunya adalah copywriter. Tugas seorang copywriter adalah menemukan ide untuk iklan, mengawasi proses perekaman, dan proses editing hingga iklan siap disiarkan. Bekerja sebagai copywriter tentu memiliki tantangan yang sangat menarik karena kita dituntut untuk memproduksi iklan yang dapat menarik perhatian konsumen untuk membeli produk yang diiklankan.

Content writer

Jangan salah pengertian terhadap profesi copywriter dan content writer. Jika copywriter merupakan profesi yang berhubungan dengan periklanan, maka content writer merupakan profesi yang berhubungan dengan tulis menulis. Sebagai seorang content writer, kita dituntut untuk mengetahui banyak hal, terlebih jika content yang diulas merupakan bidang tertentu. Seorang content writer harus mampu menguasai bidang tersebut dan dapat menyajikan tulisan informatif yang dapat dipahami dengan mudah oleh pembaca.