Lakukanlah Hal Ini Sebelum Mengirim Barang

Perkembangan toko online di Indonesia sangatlah pesat dari waktu ke waktu. Jika Anda adalah salah satu pengusaha toko online yang ada sekarang, pastinya Anda punya langganan jasa pengiriman barang yang ada di kota Anda tinggal. Menggunakan jasa mereka memang sangat membantu dalam usaha Anda dalam berjualan, karena tidak mungkin bagi Anda sebagai penjual harus mengantarkannya langsung ke berbagai kota. Jika masih satu kota masih memungkinkan untuk melakukan COD.

Dari pernyataan tersebut, Anda sebagai penjual pun harus memperhatikan hal apa saja yang harus Anda ketahui dan lakukan sebelum mengirimkan barang kiriman Anda. Beberapa hal ini adalah hal yang harus Anda lakukan sebelum mengirim, tetapi diluar membungkus barangnya ya.

Perhatikan Baik-Baik Barang Sebelum Dikirim

  1. Sesuaikan Jasa Service yang Dibutuhkan

Jika menggunakan sebuah jasa pengiriman, Anda harus tahu ada dua tipe untuk mengantarnya, yaitu door to door dan door to port. Tipe pertama door to door adalah tipe yang mana nanti pihak pengiriman akan mengantarkannya langsung ke alamat dan rumah yang sudah Anda cantumkan pada saat Anda mengirim. Jika door to port adalah pengiriman yang nantinya di lokasi tujuan barang tersebut akan disimpan di pangkalan ekspedisi pengiriman tersebut, dan si penerima yang harus mengambil langsung ke lokasi penyimpanan.

  1. Kenali Karakter Barang yang Akan Dikirim

Perusahaan ekspedisi pengiriman sudah paham akan perlakuan terhadap beberapa barang yang memiliki sifat mudah terbakar, mudah pecah, dll. Maka Anda harus memberitahukan terlebih dahulu kepada pihak ekspedisi bagaimana karakteristik barang yang akan Anda kirim nanti. Agar barang yang Anda kirim menerima perlakuan yang semestinya.

  1. Beri Label pada Pack

Meskipun Anda sudah memberitahukan kepada petugas pengirim mengenai barang Anda, akan lebih baik juga menambahkan keterangan penting agar petugas tidak lupa. Anda bisa menambahkan keterangan “jangan dibalik”, “mudah pecah”, atau “jaga suhu ruangan” serta beberapa keterangan lain yang Anda inginkan. Karena biasanya petugas yang mengurus data barang dan petugas yang mengirim langsung barang tersebut berbeda. Hal ini untuk menjaga jika petugas data tidak salah informasi kepada petugas pengirim pada jasa pengiriman Anda.