Ingin Buka Usaha: Ada Modal Ngga Ada Ide

Sementara di luar sana banyak orang terkendala modal namun ide bejibun, Anda memiliki modal yang cukup namun tidak tahu mau usaha apa. Mau usaha makanan, tetapi takut prospeknya jelek karena hanya akan ngehits sebentar dan kemudian ditinggalkan. Mau usaha properti, tetapi takut bangkrut dan terlilit hutang. Mau usaha kok bingung?

Masuki Dunia Franchise Dengan Merk Yang Sudah Jelas Dikenal Masyarakat

Jika Anda mengalami kekhawatiran dan keraguan atas kapasitas diri Anda untuk membangun perusahaan Anda sendiri, tidak ada salahnya ikut berwaralaba. Dari situ Anda bisa belajar untuk membangun usaha Anda sendiri. Bisnis franchise tergolong bisnis yang aman dan mudah karena bahan baku, manajemen usaha dan lainnya sudah disediakan oleh franchisor sehingga Anda sebagai investor hanya perlu Berikut adalah langkah mudah untuk sukses berwaralaba:

  1. Sesuaikan franchise dengan lokasi

Anda dapat menemukan banyak jenis franchise dengan mudah di berbagai situs di internet. Sebelum memilih bisnis franchise, lihatlah terlebih dahulu kebutuhan dan daya beli masyarakat di lokasi Anda. Pastikan kedua variabel tersebut sinkron, karena apabila kebutuhan besar namun daya beli kecil, hal ini bisa membahayakan usaha Anda. Misalnya, di lokasi Anda belum ada tempat yang bagus bagi anak muda untuk nongkrong dengan latar instagram-able, namun masyarakat setempat memiliki daya beli rendah, maka pilihan usaha ini tidak tepat.

  1. Kenali Merk, Ketentuan serta Royalti

Setelah mendapatkan bisnis franchise yang sesuai, pelajari terlebih dahulu dengan cermat merk yang akan Anda waralabakan. Selain itu, pelajari dengan baik ketentuan dalam bekerja sama dengan pihak franchisor termasuk di dalamnya jumlah royalti yang harus Anda bayarkan secara teratur dan tanggal pembayarannya. Kerja sama yang baik akan terjalin jika masing-masing pihak telah sepakat dengan satu aturan bersama.

  1. Pilihlah lokasi yang strategis

Lokasi menjadi salah satu penentu utama dalam keberhasilan suatu usaha. Pastikan Anda membangun usaha Anda di tempat yang sesuai dengan target bisnis Anda. Seperti misalnya Anda memilih usaha tempat makan anak muda, maka pilihlah lokasi yang dekat dengan kampus atau sekolah. Semakin dekat dengan konsumen maka semakin baik.