Asupan Gizi Yang Sangat Dibutuhkan Lansia

Asupan Gizi Yang Sangat Dibutuhkan Lansia

Setiap kehidupan memiliki fase yang berbeda pada tiap makhluk hidup. Fase kehidupan manusia sendiri berawal dari pertumbuhan janin di rahim ibu selama 9 bulan. Fase selanjutnya bayi, anak-anak, remaja, dewasa, dan orang tua. Fase-fase tersebut pasti akan dilalui oleh setiap manusia. Dan setiap fase tersebut memiliki kebutuhan pasokan nutrisi yang berbeda. Di masa pertumbuhan, tubuh manusia memerlukan banyak asupan nutrisi yang bergizi agar proses pertumbuhan berlangsung dengan baik. sedangkan ketika memasuki usia lanjut, tubuh manusia cenderung mengalami banyak penurunan fungsi sehingga harus mendapatkan nutrisi yang tepat agar tetap sehat dan bugar.

Asupan Gizi Tepat Untuk Lansia

Memasuki usia lanjut, tubuh manusia akan mengalami banyak perubahan seperti mudah terserang penyakit, stamina menurun, dan lebih cepat lelah. Kondisi tersebut memang seringkali terjadi akibat dari penurunan berbagai fungsi organ karena usia lanjut. Untuk menurunkan risiko munculnya masalah tersebut, asupan nutrisi yang dikonsumsi harus sangat diperhatikan. Berikut beberapa asupan tepat untuk orang tua lanjut usia.

  1. Makanan berkalsium

Memasuki usia 50 tahun ke atas, tubuh mulai kehilangan banyak kalsium. Hal tersebut mengakibatkan timbulnya rasa nyeri pada persendian dan pengeroposan pada tulang. Untuk menurunkan risiko pada gejala yang timbul, orang tua sebaiknya banyak mengonsumsi makanan dan minuman yang memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Kalsium bisa ditemukan pada menu makanan seperti susu, keju, kerang, sayuran hijau, ikan. Walaupun orang tua membutuhkan kalsium untuk menguatkan otot dan tulang mereka yang mulai bermasalah, namun konsumsi juga tidak boleh berlebihan.

  1. Makanan berserat

Serat sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu proses pencernaan agar berjalan dengan baik. memasuki usia lanjut, sistem pencernaan juga mengalai penurunan fungsi. Efek dari penurunan fungsi pada sistem pencernaan menyebabkan banyak orang tua yang menderita masalah pencernaan seperti masalah lambung atau konstipasi. Oleh karena itulah sangat penting untuk mengonsumsi makanan yang banyak mengandung serat seperti sayuran dan buah-buahan.

  1. Makanan berprotein

Protein merupakan kandungan penting untuk tubuh karena berfungsi untuk menjaga kelenturan otot dan meningkatkan daya ingat. Selain itu, protein juga berfungsi sebagai zat yang menghasilkan energi. Orang tua berusia lebih dari 50 tahun memiliki kondisi otot yang semakin melemah. Begitu pula dengan daya ingat yang dimiliki.  Dengan mengonsumsi makanan dengan kandungan protein yang tinggi, tubuh orang tua yang cenderung mudah lelah juga akan kembali bertenaga.

  1. Makanan berkelium

Kalium bermanfaat untuk memperlancar peredaran darah. Peredaran darah yang kurang lancar dapat membahayakan tubuh, terutama bagi lansia. Berbagai penyakit berbahaya akibat sistem peredaran tidak lancar contohnya jantung, dan hipertensi. Untuk menghindarinya, lansia perlu mengonsumsi makanan yang mengandung banyak kalium. Kalium dapat ditemukan pada brokoli, pisang, dan kentang.