Apakah Haid Telat Terkait dengan Sulitnya Hamil?

Ada sebuah stigma di masyarakat yang diyakini oleh para wanita yaitu telat haid akan mempersukar kehamilan. Stigma masyarakat yang sudah melekat ini sulit untuk dibantah. Banyak sekali wanita yang sering mengalami telat haid, mendatangi dokter agar mereka bisa haid dengan lancar. Hal itu sah-sah saja jika Anda memang ingin memiliki jadwal haid yang teratur. Namun, hal ini tidak bisa dikaitkan dengan sulitnya hamil.

Inilah Penjelasannya

Jika Anda memiliki masalah seperti itu, bukan berarti Anda tidak subur atau semacamnya. Berhentilah untuk mengaitkan antara haid dengan sulit hamil dengan ketelatan haid. Korelasi antara siklus haid dan sulit hamil merupakan dua hal yang berbeda.

Jika Anda ingin pergi ke dokter karena masalah telat haid, Anda harus pahami terlebih dahulu sudah berapa bulankah Anda tidak haid? Jika memang sudah 3 bulan atau lebih Anda tidak haid, Anda bisa langsung memeriksakannya ke dokter. Namun, hal ini berlaku bagi Anda yang rutin mendapatkan haid setiap bulannya.

Setiap wanita memiliki siklus yang berbeda-beda. Ada yang setiap bulan siklus haid lancar dan ada pula beberapa yang mengalami siklus haid selama 3 bulan sekali. Untuk itu, Anda harus perhatikan kalimat “telat haid” ini sudah berlangsung selama berapa bulan?

Biasanya, bagi wanita setelah melahirkan dan menyusui, siklus haid akan sedikit terganggu sehingga telat haid merupakan suatu hal yang normal. Untuk itu, Anda harus memahaminya terlebih dahulu telat haidnya dalam bentuk apa.

Selain itu, hal normal lainnya yaitu jika Anda telat haid tetapi masih dalam siklus haid. Seperti yang Anda ketahui, siklus haid itu berlangsung selama 21 hingga 35 hari. Anda bisa menghitungnya dari tanggal awal haid hingga hari telat haid. Apakah hitungan hari tersebut masih dalam jangka waktu 21 hingga 35 hari atau lebih? Jika masih dalam hitungan tersebut berarti masih dalam keadaan normal. Jadi, sebenarnya tidak ada kaitannya sama sekali antara telat haid dengan sulit hamil. Jika Anda ingin memiliki anak, Anda bisa mengonsultasikannya dengan dokter bukan untuk memperlancar haid setiap bulannya.