Anemia? Perhatikan Hal Berikut untuk Menghindarinya!

Darah merupakan salah satu bagian yang sangat penting perannya dalam tubuh. Jika Anda kekurangan sel darah merah dalam tubuh, maka kemungkinan daya tahan menurun dan berbagai penyakit lainnya bermunculan sangatlah tinggi. Untuk keadaan kekurangan darah merah dikenal sebagai anemia.

Dalam beberapa kasus, penderita anemia memiliki gejala sesak napas dan tubuh yang melemah. Hal ini disebabkan karena terhambatnya aliran oksigen dalam darah yang mengalir ke seluruh tubuh. Sehingga tak jarang banyak orang yang memiliki anemia akan mengeluhkan mual, pusing, dan bahkan sesak napas. Tentunya Anda tidak mau memiliki keadaan seperti ini, bukan? oleh sebab itu, Anda bisa mengenali penyebab anemia dan melakukan pencegahan dengan segera.

Ketahui Penyebab Anemia

Ada beberapa hal yang menyebabkan timbulnya anemia. Pertama, anemia dapat muncul akibat kurangnya asupan nutrisi untuk sel darah merah. Beberapa di antaranya adalah vitamin C, vitamin B12, asam folat, dan zat besi. Kedua, adanya pendarahan hebat membuat tubuh Anda mengalami kekurangan darah. Biasanya hal ini terjadi setelah persalinan atau bahkan adanya pembuluh darah yang pecah.

Ketiga, adanya kelainan pada sel darah merah. Biasanya sel darah merah akan berbentuk bulat seperti donat. Namun dalam beberapa kasus, sel darah merah ada yang berupa sabit sehingga akan sulit untuk melewati pembuluh darah atau bahkan hancur.

Lakukan Pencegahan atau Pengobatan

Lalu, apa yang harus dilakukan untuk mencegah atau mengurangi gejala anemia? Pertama, Anda harus memastikan bahwa asupan nutrisi untuk sel darah merah tercukupi dengan baik. Anda bisa mengonsumsi berbagai jenis sayuran yang kaya akan vitamin C, zat besi, dan asam folat.

Kedua, kurangi atau bahkan hindari konsumsi susu, teh, dan kopi setelah Anda makan. Hal ini ternyata sangat mempengaruhi prose pencernaan di dalam tubuh. Susu, teh, atau kopi akan menghambat proses penyerapan zat besi yang Anda terima ke dalam tubuh.

Ketiga, bantu perbaikan sel darah merah dengan suplemen zat besi. Namun, pastikan bahwa Anda tetap menjaga pola hidup yang sehat agar tidak mudah ketergantungan dengan suplemen.